Direksi Archi Indonesia (ARCI) Tanggapi Penurunan Harga Saham Perusahaan


Bisnis.com, JAKARTA – mengalami tren penurunan harga saham sejak melantai di bursa pada pengujung Juni 2021, emisi tambang PT Archi Indonesia Tbk. (ARCI) optimistis kondisi akan membaik.

Perseroan berkomitmen fokus untuk memacu kinerja fundamental. Seiring langkah tersebut, manajemen yakin saham ARCI masih punya prospek bagus dalam jangka panjang.

“Orientasi kami adalah fundamental perusahaan, apakah perusahaan ini secara profitabilitas bagus atau tidak. Karena nanti dengan sendirinya, menurut saya, harga saham akan mengikuti pertumbuhan kinerja perusahaan,” kata Wakil Direktur Utama ARCI Rudy Suhendra di Manado, Jumat (26/11/2021).

Saham ARCI ditransaksikan investor dengan mahar Rp560 per saham hingga penutupan perdagangan pekan ini, Jumat (26/11).

Tingkat tersebut merepresentasikan tren penurunan relatif dalam, yakni 25,33 persen bila dibandingkan dengan posisi Rp750 ketika perusahaan menggelar penawaran perdana (IPO).

Mengacu data RTI Bisnis per penutupan perdagangan pekan ini, harga terkini ARCI merepresentasikan rasio perolehan harga (PER) disetahunkan 12,71x dan harga ke nilai buku (PBV) 4,55x.

Perusahaan mencatat US$236,5 juta atau susut sekitar 4 persen secara tahun ke tahun (yoi). Namun, mereka optimistis profitabiltias perusahaan akan kembali tumbuh seiring masuknya fase produksi Pit Araren tahap 5 pada kuartal terakhir tahun ini.

“Kalau melihat angka dari ARCI, secara fundamental masih cukup bagus dari sisi margin, EBITDA dan profit. Saya tidak berani bilang kami yang terbaik, tapi saya rasa kami di atas rata-rata [perusahaan di bursa].”

Dalam mengerek fundamental, Rudy dan manajemen ARCI akan menentukan jumlah langkah prioritas. Mulai dari pengembangan koridor barat konsesi perseroan di Sulawesi Utara, pembangunan pemurnian, hingga peningkatan kapasitas produk.

Per akhir tahun lalu kapasitas produksi ARCI berada di kisaran 3,7 ton bijih per tahun dan ditargetkan bisa menyentuh angka 4,8 juta ton hingga 5 juta ton per tahun pada akhir 2022.

Untuk jangka panjang, perseroan menarget kapasitas pabrik bisa mencapai 8 juta ton per tahun mulai 2025.

Manajemen juga akan mengunjungi segmen ritel lewat perilisan produk-produk emas Lotus Archi. Harapannya, perseroan akan segera mewujudkan ambisinya untuk menjadi emiten emas terintegrasi.

“Dengan menjadi perusahaan terintegrasi, kami yakin bahwa ke depan ini fokus kami bisa mendongkrak harga saham juga. Tetapi mungkin lagi-lagi saya bilang tidak bisa menjamin bahwa tujuan kami bisa menarik semua orang, karena investasi orang tentu berbeda-beda, ada yang [investasi] untuk jangka pendek,” tandas Rudy.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Konten Premium

Masuk / Daftar



Undian oke punya Keluaran SGP 2020 – 2021. Prediksi harian yang lain-lain bisa dilihat secara terjadwal melalui kabar yg kami umumkan pada web tersebut, dan juga siap dichat pada petugas LiveChat pendukung kami yang tersedia 24 jam On the internet buat meladeni semua keperluan para visitor. Mari langsung join, dan menangkan hadiah dan Kasino On the internet terhebat yang tersedia di website kami.