Gajah Tito Sentil Kepala Daerah: Ubah Mindset!

Bisnis. com, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengingatkan para kepala wilayah supaya mengubah mindset  soal pengelolaan pemerintahan pada daerah.  

Mendagri mengatakan, situasi dan perubahan periode yang serba dinamis, harus direspon dengan mengedepankan terobosan dan permutasi dalam berbagai produk kebijakan.

“Situasi sudah berubah, periode sudah berubah, jadi harus menukar mindset kita juga selaku arahan kepala daerah, ” kata Mendagri dikutip dari laman resmi Kemendagri, Jumat (18/12/2020).

Menurutnya, perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi juga menuntut adanya kejernihan dan akuntabilitas dalam berbagai pengelolaan administrasi pemerintahan, tak terkecuali dalam bidang keuangan. Untuk itu, Mendagri meminta pemerintah daerah melaksanakan keterbukaan informasi publik dalam proses penganggaran.

“Kita adalah bujang masyarakat, sehingga dengan banyaknya keterbukaan, makin kuatnya LSM non-government, lalu makin terbukanya informasi kita benar harus mengubah mindset dalam bidang keuangan penganggaran. Sistem harus dibuat lebih transparan, ” ujarnya.

Mendagri Tito juga menuntut keseriusan dalam pengelolaan pemerintahan dalam daerah. Sebab, kepala daerah jadi pelayan masyarakat harus mengelola bermacam-macam kebijakan secara akuntabel dan bisa dipertanggungjawabkan sehingga tak menuai kontra dan kritikan di masyarakat.

“Kita tidak bisa berkelakar, memang hati-hati, situasi sudah bertukar dengan sangat transparan, dan makin kuatnya kritikan, ” pungkasnya.

Konten Premium Masuk / Jadwal

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan menggunakan Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Kelompok Di Sini untuk info bertambah lengkapnya.