Jokowi Dorong Pengembangan Talenta Mahasiswa, Jadikan Menkes BGS Contoh


Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penyelenggara pendidikan tinggi untuk memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan talentanya, terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

“Jangan mahasiswa itu dipagari oleh terlalu banyak program-program studi di dua program,” kata Jokowi dalam acara Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia, dikutip dari YouTube Setpres, Selasa (14/9/2021).

Kepala Negara dengan tegas meminta agar talenta-talenta mahasiswa, yang mungkin tidak sesuai dengan program studinya, untuk memfasilitasi di perguruan tinggi.

“Karena kita ingat, pilihan prodi jurusan dan arsitektur tidak selalu berdasarkan pada talenta,” imbuhnya.

Jokowi mengatakan banyak orang yang berkarier jauh dari ilmu di ijazahnya. Dia pun mencontohkan Budi Gunadi Sadikin yang memiliki latar pendidikan Teknik Fisika Nuklir di Institut Teknologi Bandung (ITB) justru berkiprah cemerlang di sektor perbankan dan kini sebagai Menteri Kesehatan.

Yang sering saya berikan untuk contoh itu Pak Budi Gunadi Sadikin. Itu laginya di ITB Fakultas Teknik Fisika Nuklir. Kemudian bekerja di bank, perbankan, tapi nyatanya juga bisa melesat ke puncak tangga paling puncak direktur utama Bank Mandiri. Melompat jadi menteri kesehatan, ” ujar Jokowi.

Menurutnya, perkembangan zaman yang begitu cepat juga menuntut sumber daya manusia yang terampil di banyak bidang. Oleh karena itu, Jokowi mengatakan bakat-bakat mahasiswa sangat penting untuk memfasilitasi karena semuanya akan mengakibatkan ketidakpastian global yang sangat cepat.

“Mahasiswa harus semuanya, paham matematikan, paham statistik, paham ilmu komputer dan paham bahasa. Bahasa itu bukan bahasa Inggris saja, ke depan bahasa koding. Hati-hati mengenai ini, perubahan ini akan menjadi lebih cepat lagi karena pandemi,” ucap Jokowi .

Sebagai solusi, Jokowi mengusulkan agar mahasiswa yang merasa salah masuk prodi atau jurusan, tidak perlu pindah prodi tetapi diberi kesempatan untuk mengambil mata kuliah sesuai talentanya.

“Artinya apa, banyak mata kuliah pilihan di kampus maupun di luar kampus,” ujarnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Konten Premium

Masuk / Daftar



Bonus paus Data SGP 2020 – 2021. Cashback terbesar lain-lain tersedia dipandang secara terpola melewati notifikasi yg kami sampaikan pada website itu, lalu juga bisa dichat kepada petugas LiveChat pendukung kita yg stanby 24 jam On the internet guna meladeni seluruh kebutuhan antara pemain. Mari buruan daftar, & kenakan cashback Lotto & Kasino On the internet tergede yang ada di tempat kita.