Kasus Omicron Terus Naik, Pemerintah Tempuh Jumlah Upaya Strategi


Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah melakukan sejumlah upaya untuk mengantisipasi melonjaknya gelombang kasus varian Omicron di Indonesia.

Sejumlah upaya tersebut termasuk melakukan penyesuaian kebijakan mobilitas luar negeri, menggencarkan program Vaksinasi Covid-19 primer termasuk program vaksinasi pemacu.

Juru Bicara Nasional Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah turut melakukan kemitraan dengan platform kesehatan jarak jauh (telemedicine) serta rumah sakit rujukan.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan aksesibilitas kasus positif dengan pelayanan kesehatan yang berkualitas seperti layanan konsultasi medis dan pengiriman obat gratis bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Langkah ini dicapai dalam peningkatan kasus positif Covid-19 dalam 2 minggu terakhir di dunia secara signifikan. Bahkan peningkatan kasus harian mencapai 2,7 kasus pada 7 Januari 2022. Angka ini lebih tinggi dari peningkatan kasus pada sebelumnya yaitu 1 juta kasus dalam sehari,” ujarnya lewat rilisnya, Jumat (14/1/2022).

Lebih lanjut, dia menyebutkan kenaikan kasus positif juga terjadi di negara-negara tetangga Indonesia termasuk Jepang, Vietnam, Thailand, dan Singapura.

Saat ini, kata Wiku, kasus positif di Indonesia telah meningkat selama 2 minggu berturut-turut, yaitu dari 1.200 kasus menjadi 1.400 kasus dan pada minggu terakhir hampir mencapai 3.000 kasus, atau naik lebih dari dua kali lipat dari minggu sebelumnya.

Kenaikan kasus positif harian bahkan sempat melebihi 800 dalam sehari pada 11 Januari lalu. Sementara kemarin, pada 12 Januari, terdapat penambahan 600 kasus positif, namun sebelumnya penambahan penambahan berhasil mencapai kisaran 100-200 kasus positif/hari.

Sementara itu, kasus aktif juga mengalami peningkatan konsisten dalam seminggu terakhir hingga per 12 Januari mencapai hampir 7.000 kasus, setelah sebelumnya berhasil mencapai kisaran 4.000 kasus.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Konten Premium

Masuk / Daftar



Undian paus Data SGP 2020 – 2021. Hadiah besar yang lain ada dilihat secara terencana melewati kabar yg kita umumkan di laman tersebut, dan juga bisa dichat pada petugas LiveChat pendukung kita yang stanby 24 jam On the internet buat melayani segala kepentingan antara visitor. Yuk secepatnya gabung, serta dapatkan cashback Lotere & Live Casino Online tergede yg hadir di lokasi kita.