Kena Sanksi Ekonomi, Rusia Ancam Keluarkan Pasukan Bersenjata Nuklir


Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan angkatan militernya untuk meningkatkan status waspada. Adapun langkah Putin kali ini merujuk pada kesiagaan senjata nuklir Rusia setelah Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) memberikan sanksi ekonomi terhadap Moskow.

Mengutip Saluran Berita AsiaPutin menjatuhkan akan menempatkan pasukan pertahanan (kekuatan pencegahan) ke dalam mode khusus merespons sanksi-sanksi yang diberikan negara-negara Barat terhadap Rusia.

“Saya memerintahkan Menteri Pertahanan dan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Rusia untuk menempatkan pasukan pertahanan (kekuatan pencegahan) militer Rusia ke mode layanan tempur khusus,” kata Putin melalui siaran televisi, Minggu (27/2/2022).

Putin menuding negara-negara Barat telah mengambil keputusan yang tidak menyenangkan terhadap Rusia dari sisi ekonomi. Adapun sanksi terhadap Rusia diberikan sebagai respons terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

“Seperti yang dilihat, negara-negara Barat tidak akan mengambil tindakan yang tidak bersahabat dengan negara kami dalam hal ekonomi—seperti sanksi ilegal yang kita ketahui bersama—tapi pejabat negara-negara NATO juga menyatakan agresif terhadap negara kami,” kata Putin.

Adapun, langkah Rusia menginvasi Ukraina dalam Perang Rusia Ukraina telah meningkatkan tensi dunia. Arahan Putin kali ini yang merujuk pada penggunaan senjata nuklir pun akan meningkatkan kewaspadaan global.

Pasalnya, Rusia memiliki gudang senjata nuklir terbesar di dunia dengan jumlah rudal balistik yang menjadi andalan pasukan militernya.

Pasukan rusia seperti serangan ke Ukraina atas perintah Vladimir Putin yang mengumumkan “operasi militer khusus” saat fajar di tengah peringatan dari para pemimpin dunia pada 24 Februari 2022.

Dalam beberapa menit dari singkatnya Putin yang menonton di televisi, sekitar pukul 5 pagi, ledakan terdengar di dekat kota-kota besar Ukraina, termasuk ibu kota Kyiv.

Negara-negara Barat pun langsung mengambil sikap dengan menerapkan sanksi terhadap Rusia. Terbaru, negara Barat dan Eropa memblokir beberapa bank Rusia dari sistem pembayaran internasional atau Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT).

Tak hanya itu, beberapa negara Eropa juga melarang maskapai melewati udaranya sehingga menyebabkan pesawat Rusia harus mencari rute memutar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Konten Premium

Masuk / Daftar



Permainan oke punya Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Prize terbaik yang lain muncul dipandang secara terpola melewati informasi yang kita umumkan dalam laman tersebut, lalu juga bisa dichat pada teknisi LiveChat support kita yg stanby 24 jam On-line dapat mengservis seluruh kepentingan para visitor. Lanjut secepatnya daftar, dan ambil promo Buntut & Live Casino Online terbesar yg hadir di web kita.