Menkes Dukung dan Program Apresiasi Vaksinasi Masyarakat Kaki Gunung


Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi dan mendukung penuh langkah komunitas Mandalawangi Bergerak untuk melaksanakan program Vaksinasi Masyarakat Kaki Gunung.

Program vaksinasi yang diinisiasi oleh Mandalawangi Bergerak ini, kata Budi Gunadi Sadikin, sebagai upaya untuk mendukung percepatan dan penyebaran penyebaran Covid-19 secara nasional. Khususnya untuk masyarakat yang masih kesulitan mengakses vaksinasi seperti di wilayah kaki gunung ini.

“Oleh karenanya upaya mendekatkan layanan Vaksinasi seperti yang dilakukan oleh Mandalawangi, harapan untuk memperluas serta mendorong animo masyarakat dalam mendapatkan vaksin Covid-19,” terang Budi Gunadi Sadikin saat meninjau pelaksanaan Program Kaki Gunung di Cibodas, Jawa Barat, Sabtu (28 /8/2021).

Sebagai informasi, Mandalawangi Bergerak merupakan komunitas gabungan dari penggiat alam dan pendaki gunung seperti Mapala Universitas Indonesia, WANADRI dan organisasi pencinta alam lainnya. Komunitas ini mencetuskan proyek percontohan Program Vaksinasi Masyarakat Kaki Gunung.

Untuk tahap awal, proyek percontohan ini akan dilaksanakan di tiga wilayah kaki Gunung Gede-Pangrango, Jawa Barat. Yakni di Cibodas, Selabintana dan Sukatani.

Menkes pun berharap bahwa Program Vaksinasi Masyarakat Kaki Gunung dapat diperluas ke daerah atau kaki gunung lainnya sebagai langkah untuk menekan laju penularan serta angka kematian akibat dari Covid-19. Dengan semakin banyak yang divaksinasi, target semakin cepat pula kekebalan kawanan bisa tercapai.

“Kita sangat berterima kasih dengan Mandalawangi Bergerak. Karena memang kita mengalami kesulitan untuk melaksanakan vaksinasi di daerah-daerah pinggiran yang sudah terpencil seperti masyarakat di puncak gunung atau masyarakat adat,” terang Budi Gunadi Sadikin.

Ketua Komunitas Mandalawangi Bergerak Rahmi Hidayati siap menjalankan Arahan Menkes Budi Gunadi Sadikin untuk perluasan program Vaksinasi Masyarakat Kaki Gunung di wilayah lainnya.

Rahmi berharap program Vaksinasi Masyarakat Kaki Gunung terus mendapatkan dukungan baik dalam sarana prasarana, SDM kesehatan maupun ketersediaan vaksin. Hal ini supaya program ini bisa terus berlanjut dengan menyasar kelompok masyarakat yang lebih besar lagi.

Rencananya, selain di kaki Gunung Gede-Pangrango, kegiatan vaksinasi juga akan menyasar ke 10 wilayah kaki gunung lainnya.

“Alhamdulillah vaksinasi di TNGGP sebagai kegiatan pertama kita dapat berjalan dengan baik berkat dukungan dari berbagai pihak termasuk dari Menteri Kesehatan dalam penyediaan vaksin. Kebetulan kita juga sudah memiliki program untuk 10 wilayah lainnya. Saat ini kita sedang bersiap,” terang Rahmi, di Cidas, Sabtu (28/8/2021).

Rahmi menambahkan, kehadiran program Vaksinasi Masyarakat Kaki Gunung sebagai bentuk kepedulian Komunitas Mandalawangi Bergerak terhadap masyarakat di kaki gunung sebagai tulang punggung pegunungan pegunungan.

Dengan tingkat interaksi dan mobilitas yang tinggi, masyarakat sekitar menjadi kelompok yang sangat rentan terpapar Covid-19. Sehingga dibutuhkan perlindungan vaksin guna meningkatkan kekebalan tubuh serta mengurangi keparahan akibat dari Covid-19.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Konten Premium

Masuk / Daftar



Undian terkini Result SGP 2020 – 2021. Cashback menarik lainnya tampil dilihat dengan terstruktur melewati pengumuman yang kita umumkan dalam situs ini, lalu juga dapat ditanyakan kepada teknisi LiveChat support kita yang menunggu 24 jam Online buat meladeni seluruh maksud para player. Yuk cepetan sign-up, dan menangkan diskon Toto dan Live Casino Online terbaik yang tampil di lokasi kita.