Siapa Pikul Beban Berat Pemilu, Pilpres, Pilkada 2024?


Bisnis.com, JAKARTA – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Pramono Ubaid Tanthowi mengakui beban berat penyelenggaraan pemilu, pilpres, dan pilkada secara serentak pada 2024 akan dirasakan penyelenggara pemilihan di tingkat paling depan.

“Ujung beban beratnya di penyelenggara pemilu, terutama di jajaran paling depan, yakni KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara), PPS (panitia pemungutan suara), dan ke atasnya,” kata Pramono, saat webinar “Pentingnya Membahas Kerangka Hukum Pemilu”, Minggu ( 21/2/2021).

Menurut dia, KPU RI sebenarnya berperan lebih pada tataran regulasi, kemudian pemantauan dan supervisi, tetapi secara teknis yang dalam tahapan pemilu adalah penyelenggara di tingkat kabupaten / kota ke bawah.

Pramono mencontohkan pada Pemilu 2019 yang beririsan dengan Pilkada 2018 sudah banyak tahapan yang berselang-seling pelaksanaannya.

“Hari ini rekapitulasi dukungan calon perseorangan pilkada, besoknya sudah pleno rekapitulasi pengungkit dukungan parpol. Jadi, betul-betul pekerjaan bertumpuk-tumpuk,” katanya.

Senada, Direktur Eksekutif Perludem Khoirunnisa Agustyati juga mengingatkan beban pekerjaan yang akan dipikul penyelenggara pemilihan jika pemilu, pilpres, dan pilkada digelar serentak.

“Tentu menjadi pekerjaan berat teman-teman penyelenggara pemilu selayaknya pilkada di tengah suasana pandemi kemarin,” katanya.

Oleh karena itu, Khoirunnisa menyarankan pemilu untuk melakukan simulasi dan pemetaan, sekaligus mitigasi karena tahapan-tahapan pemilihan akan sangat berhimpitan dalam satu tahun tersebut.

Apalagi, kata dia, jika pilpres nanti harus dilaksanakan dalam dua putaran, tentunya juga harus diantisipasi kejadian hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya petugas kantor, dan sebagainya.

Namun, ia mengatakan bahwa simulasi dan tahapan tahapan dan dampaknya tersebut tidak bisa hanya dilakukan oleh KPU sendirian.

Tentu Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), DKPP (Dewan kehormatan Penyelenggara Pemilu), dan KPU harus duduk bersama, “pungkasnya.

Konten Premium

Masuk / Daftar

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.


Diskon paus Data SGP 2020 – 2021. Cashback terbesar lainnya dapat dipandang secara terstruktur lewat info yg kami umumkan pada laman tersebut, lalu juga dapat dichat terhadap teknisi LiveChat pendukung kita yang ada 24 jam Online untuk melayani segala kebutuhan antara pengunjung. Lanjut buruan join, & kenakan prize Lotere dan Live Casino On the internet terbaik yg nyata di website kami.