Soal Muslim Uighur, China Balas J lepas Sanksi untuk Perusahaan dan Pejabat Inggris


Bisnis.com, JAKARTA – China memberlakukan sanksi kepada perusahaan dan individu di Inggris atas apa yang disebutnya pelaku “kebohongan dan disinformasi” tentang Xinjiang beberapa hari setelah Inggris menjatuhkan sanksi atas hak asasi manusia (HAM) di wilayah barat China itu.

Kementerian Luar Negeri China menyatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa mereka telah memberikan sanksi kepada entitas empat dan sembilan individu.

Pihak yang dikenai sanksi termasuk mantan pemimpin Partai Konservatif Duncan Smith dan Komisi Hak Asasi Manusia Partai Konservatif, karena “jahat terhadap kebohongan dan disinformasi”.

Individu yang menjadi sasaran dan anggota keluarga dekat mereka memasuki wilayah China, menurut Kemenlu China seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Jumat (26/3/2021). Ditambahkan, bahwa warga negara itu akan dilarang berbisnis dengan mereka.

Langkah China tersebut merupakan pembalasan atas sanksi yang terkoordinasi yang diberlakukan oleh Amerika Serikat, Uni Eropa, Inggris dan Kanada terhadap Beijing, karena China disebut sebagai pelanggar hak asasi manusia terhadap Muslim Uighur di Xinjiang.

Beijing juga sudah menerapkan sanksi pembalasan terhadap Uni Eropa. Aktivis dan pakar hak asasi PBB menyatakan bahwa setidaknya 1 juta muslim telah menunjukkan di kamp-kamp di Xinjiang.

Para aktivis dan beberapa politisi Barat menuduh China menggunakan penyiksaan, kerja paksa dan sterilisasi.

China telah berulang kali membantah semua tuduhan pelecehan itu dan menyatakan kamp-kampnya menawarkan pelatihan kejuruan dan diperlukan untuk melawan ekstremisme.

“China dengan tegas bertekad untuk menjaga kedaulatan nasionalnya, kepentingan keamanan dan pembangunannya, dan pengawasan pihak Inggris untuk tidak melangkah lebih jauh ke jalan yang salah,” menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri China.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini:

cina inggris

Konten Premium

Masuk / Daftar

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.


Diskon terbaik Keluaran SGP 2020 – 2021. Info hari ini lain-lain bisa dilihat dengan terstruktur melalui notifikasi yg kita sampaikan pada situs tersebut, lalu juga siap ditanyakan pada petugas LiveChat pendukung kita yang stanby 24 jam On the internet buat mengservis semua maksud para tamu. Mari segera sign-up, serta ambil Lotere serta Live Casino Online terbesar yg wujud di tempat kami.