Soal Seragam Sekolah Revisi SKB Din Syamsuddin Dorong 3 Menteri


Bisnis.com, JAKARTA – Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin mendorong perbaikan dalam aturan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri soal pakaian seragam di sekolah.

“Perlu sekali dihilangkan, dicabut, ditarik atau dengan bahasa moderat, diminta direvisi agar tidak menyimpang dari nilai-nilai dasar dan budaya Indonesia,” kata Din dalam diskusi yang berani yang dipantau dari Jakarta, Rabu (17/2/2021).

Ia mengatakan, SKB 3 menteri tersebut muncul di tengah polemik hijab di salah satu sekolah negeri di Sumatra Barat.

Peraturan yang disepakati Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri itu, jika ditinjau dari sisi sosiologis dan antropologis kultural bertentangan dengan kearifan lokal.

Menurut Din Syamsuddin, SKB 3 yang memberi larangan pada sekolah pembantuan siswa didiknya, akan mengurangi sisi religiusitas di lingkungan pendidikan.

Dalam forum webinar yang sama, pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Siti Zuhro mengatakan, sejatinya SKB 3 Menteri belum memiliki urgensi karena justru dapat mendukung religiusitas dari dunia pendidikan.

Lembaga pendidikan, kata dia, sedang berupaya menanamkan budi pekerti dengan salah satu instrumennya adalah materi keagamaan seperti melalui aturan pakaian di sekolah.

Hal itu sebaiknya ditinjau kembali oleh pemerintah agar mengurangi keresahan, masyarakat yang menginginkan nilai religiusitas yang berpakaian rapi yang proporsional.

Siti mengatakan, ada keresahan dari pihak yang tidak berkepentingan SKB 3, dan sebaiknya tidak memilih dan diakomodasi.

“Pendidikan mentransfer nilai yang cukup. Kalau ada keresahan, maka keberpihakan sedang tidak ada kepada kita,” katanya.

Konten Premium

Masuk / Daftar

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.


Diskon terkini Keluaran SGP 2020 – 2021. Info seputar lainnya dapat diamati dengan terprogram via poster yg kami tempatkan di situs tersebut, dan juga bisa ditanyakan pada petugas LiveChat pendukung kami yg menjaga 24 jam Online buat meladeni segala kebutuhan antara pengunjung. Lanjut cepetan gabung, serta ambil cashback Undian & Live Casino On the internet tergede yang wujud di website kami.