Tempat Tidur Pasien Covid-19 yang Terpakai 29 Persen


Bisnis.comJAKARTA – Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi melaporkan, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit hingga Jumat (11/2/2022) pukul 17.00 WIB menemukan 29 persen dari total 86.594 unit tempat tidur yang tersedia dalam skala nasional.

“Tempat tidur yang terpakai 23.109 unit dari total 24.718 unit. Tempat tidur ICU terpakai 1.609 unit dari total 8.240 unit,” kata Siti Nadia Tarmizi melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (11/2/2022).

Nadia mengatakan, program vaksinasi Covid-19 berhasil menekan jumlah pasien dengan gejala berat hingga kritis yang dirawat di rumah sakit. Bahkan sebagian besar pasien yang masuk rumah sakit juga memiliki gejala ringan dan tanpa gejala.

Dia mengimbau masyarakat yang tidak bergejala dan gejala ringan untuk melakukan isolasi mandiri dan terpadu, pemerintah juga terus meningkatkan pengujian.

Hingga Kamis (10/2/2022), pemerintah sudah melakukan 416.065 spesimen yang dibuat setiap hari.

“Skema yang mendorong masyarakat yang bergejala ringan atau tanpa gejala untuk isolasi di rumah menjadi pilihan strategi agar pasien yang lebih membutuhkan seperti bergejala berat dan kritis dapat memperoleh perawatan intensif,” ujarnya.

Pemerintah terus berupaya menekan angka penularan Covid-19 yang didominasi varian Omicron. Selain mengalokasikan rumah sakit bagi mereka yang lebih membutuhkan layanan intensif, pemerintah juga terus mendorong program vaksinasi nasional.

Hingga 9 Februari 2022, Indonesia telah memiliki lebih dari 500 juta vaksin dan hingga 11 Februari 2022 pukul 12.00 WIB, total 187,9 juta (90,23 persen) jumlah masyarakat Indonesia telah divaksinasi dosis 1 dan 134,6 juta (64,64 persen) ) telah divaksinasi dosis 2.

Nadia mengimbau masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi pemerintah karena terbukti secara ilmiah mampu mengurangi risiko terburuk akibat terinfeksi Covid-19.

“Data Kemenkes periode 21 Januari hingga 8 Februari 2022 menunjukkan dari 487 pasien Covid-19 yang meninggal, 66 persen di antaranya adalah belum divaksinasi,” ujarnya.

Nadia menambahkan booster atau dosis booster juga menjadi hal-hal penting terutama bagi mereka yang lansia untuk meningkatkan imun tubuh.

Penelitian Unpad

Penelitian terbaru Kemenkes bersama Universitas Padjadjaran dan Universitas Indonesia, kata Nadia, menunjukkan mereka yang sudah mendapatkan vaksin Sinovac dua dosis, pemberian vaksin booster setengah dosis mampu meningkatkan antibodi yang sebanding dengan dosis penuh.

“Jarak waktu terbaik untuk mendapatkan booster Covid-19 adalah minimal enam bulan setelah menerima vaksinasi kedua. Kemudian, apabila seseorang mendapatkan booster di bulan hingga sembilan, maka antibodi yang diproduksi sampai 12,5 – 88,9 kali lipat, tergantung merek vaksin booster yang digunakan,” katanya.

Dia juga mengingatkan, vaksinasi bukan satu-satunya cara untuk mampu mengurangi dampak terburuk Covid-19. Pemerintah selalu menghimbau cara terbaik adalah melengkapi vaksinasi bersama protokol kesehatan yang disiplin seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Konten Premium

Masuk / Daftar



Undian khusus Keluaran SGP 2020 – 2021. Prize paus lainnya dapat dilihat dengan terpola melewati pengumuman yang kita letakkan pada situs ini, dan juga siap ditanyakan pada petugas LiveChat pendukung kita yg menunggu 24 jam Online buat melayani segala kepentingan antara pemain. Yuk secepatnya gabung, dan kenakan bonus Undian serta Kasino On-line terhebat yang tampil di website kami.