Terima Suap Bansos Pandemi, KPK: Tindakan Juliari Sangat Ironi


Bisnis.com, JAKARTA — Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut perbuatan mantan Menteri Sosial Juliari Batubara yang menerima suap saat pandemi Covid-19 adalah suatu ironi.

Seperti, Juliari Batubara diketahui 11 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan. Dia dinilai terbukti menerima suap Rp32.482 miliar dari 109 perusahaan penyedia bantuan sosial Covid-19 di wilayah Jabodetabek.

“Perbuatan yang diambil dari keuntungan dari pengadaan banos sembako Covid-19 yang dipimpinnya ini merupakan suatu hal tercela dan ironi di tengah penderitaan masyarakat yang terkena dampak ekonomi dari pandemi Covid-19,” kata JPU Ikhsan Fernandi dilansir dari Antara, Rabu (28/7/2021).

“Apalagi sebagai pengawas sosial seharusnya mengawasi pengawasan yang dilakukan untuk masyarakat kecil agar dapat dilaksanakan sebaik-baiknya,” tambah.

Selain pidana badan, Juliari juga membayar untuk membayar uang pengganti kepada negara sebesar Rp14,59 miliar subsider 2 tahun penjara dan pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama 4 tahun sejak Juliari selesai menjalani pidana pokoknya.

“Tindak kejahatan korupsi yang dilakukan ini tentu sangat bermanfaat bagi kita semua karena dalam kondisi perekonomian masyarakat yang sulit dan sulit sebagai dampak meluasnya penyebaran pandemi Covid-19, di sisi lain ada pihak-pihak yang memanfaatkan dalam pelaksanaan bansos sembako dari pemerintah kepada masyarakat, ” jelas jaksa.

Jaksa berharap Juliari mendapat hukuman yang setimpal dengan perbuatannya. “Tentunya kita berharap mengharapkan keadilan dan hukuman yang sesuai dengan perbuatan yang dilakukan tersebut,” ungkap jaksa.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Konten Premium

Masuk / Daftar



Info terkini Keluaran SGP 2020 – 2021. Prediksi terkini yang lain tersedia diamati secara terstruktur lewat kabar yg kami umumkan dalam situs itu, lalu juga dapat ditanyakan pada layanan LiveChat pendukung kita yg menunggu 24 jam On-line buat mengservis seluruh keperluan antara pemain. Yuk secepatnya sign-up, dan dapatkan hadiah Undian serta Live Casino On-line tergede yang ada di lokasi kita.